Langsung ke konten utama

JANGAN SEKS SEBELUM NIKAH !!!!!!!




"Kenapa yang ena-ena tu selalu dilarang ?" Untuk blog

Aku mendapat pertanyaan tersebut dari salah seorang siswa binaan LPKA setelah menjelaskan tentang seks pranikah.

Aku sedikit terguncang mendapat pertanyaan tersebut. Pertanyaan yang sebenarnya sederhana, tapi tidak pernah kudapatkan sebelumnya. Untungnya aku, Lini, Teh Rita, dan Vera saling membantu dan menambahkan jawaban masing-masing sehingga yang bertanya dan seluruh siswa binaan yang mendengarkan terlihat puas.
_
Baik, kembali pada "ena-ena" atau berhubungan seks. Benarkah dilarang ?
Tentu saja tidak. Berhubungan seksual adalah kebutuhan manusia sebagai makhluk seksual. Yang harus kita hindari dan tidak seharusnya kita lakukan adalah seks pranikah. Ingat kan salah satu Triad GenRe yang "Katakan Tidak pada Seks Pranikah". Sebagai remaja kita sangat-sangat tidak dianjurkan untuk melakukan hubungan seks sebelum akad.
_
Kenapa sih kita harus jauhi seks pranikah ?
_
Perilaku hubungan seksual pra nikah adalah salah satu perilaku remaja yang dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan remaja. Hubungan seksual pra nikah itu sendiri adalah kontak seksual yang dilakukan remaja dengan lawan jenis atau teman sesama jenis tanpa ikatan pernikahan yang sah.

Nah perilaku hubungan seksual pra nikah ini dapat menyebabkan berbagai masalah bagi kesehatan, sosial dan ekonomi bagi remaja itu sendiri maupun keluarganya.
_
Lalu apa saja sih dampak dari perilaku hubungan seksual pra nikah ini ?

Pertama, Kehamilan yang Tidak Diinginkan atau KTD. KTD dapat disebabkan karena minimnya pengetahuan remaja tentang perilaku seksual yang dapat menyebabkan kehamilan, atau karena pemerkosaan. KTD dapat berdampak pada kondisi fisik seperti kesehatan fisik rendah, pendarahan, hingga komplikasi dan kehamilan yang bermasalah. Remaja juga dapat merasa rendah diri atau dijauhi lingkungan sosialnya. Selain itu pada anak yang lahir nanti nya juga akan terkena dampak, entah itu kondisi fisiknya, ataupun perkembangan intelektualnya.

Kedua, aborsi. Tindakan aborsi mengandung risiko yang cukup tinggi, apabila dilakukan tidak sesuai standar profesi medis. Kehamilan yang disebabkan oleh hubungan seksual pranikah dapat menyebabkan aborsi spontan atau aborsi buatan pada remaja. Tindakan aborsi sering dilakukan dengan cara yang tidak aman, mulai dari meminum ramuan yang dapat menggugurkan kandungan hingga menggunakan alat bantu tradisional yang tidak steril seperti bambu. Serem kan !

Ketiga, Infeksi Menular Seksual (IMS). Infeksi Menular Seksual (IMS) adalah infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual. Infeksi menular seksual akan lebih berisiko bila melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan baik melalui vagina, oral maupun anal.

IMS ini menyebabkan infeksi alat reproduksi yang harus dianggap serius. Bila tidak diobati secara tepat, infeksi dapat menjalar dan menyebabkan penderitaan, sakit berkepanjangan, kemandulan dan kematian. Nah bagi remaja perempuan perlu disadari bahwa risiko untuk terkena IMS lebih besar daripada laki-laki sebab alat reproduksi perempuan lebih rentan. Dan seringkali berakibat lebih parah karena gejala awal tidak segera dikenali, sedangkan penyakit berlanjut ke tahap lebih parah. Misalnya keputihan yang lebih disebabkan oleh kuman atau bakteri yang masuk ke vagina, akibat pemeliharaan kebersihan yang buruk. IMS itu apa saja ? Banyak !!! Silahkan googling dan rasakan kengerian tersendiri ya ! Hihi
_
Jadi gimana, masih mau melakukan seks pranikah ?
_
#AnneBincanGenRe
#DutaGenRe

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Train to Busan (2016) Review & Sinopsis (+Spoiler) : i see human, but not humanity.

Sore tadi, aku menonton film yang sebenarnya sudah cukup lama ingin ku tonton. Bukan genre favorit sesungguhnya, namun cukup menarik minatku. Kebetulan teman se kosku, Elva ingin menonton film ini, tapi dia takut sendirian. Baiklah, cukup basa-basinya. Selamat membaca :) for more pictures search on google ;) Train to Busan adalah film asal negeri ginseng, Korea Selatan yang berhasil mengagetkan industri perfilman internasional. Tidak hanya sukses di negara terdekat saja, Train to Busan menggemparkan ranah film barat yang memang sudah sering mengangkat cerita serupa : ZOMBIE. Sebagaimana yang sudah kusampaikan di awal, film yang menampilkan zombie tidak pernah masuk dalam daftar tontonan favoritku. Aku sangat jijik melihat zombie yang berdarah-darah, memakan manusia dengan rakus dan penampilannya yang membuatku ingin muntah. Tidak banyak film serupa yang pernah kutonton, Price Prejudice and Zombies, Warm Bodies dan satu film lagi yang dibintangi oleh Tom Cruise yang

Dikejar Monyet

Aku akan berkisah tentang pengalaman yang sangat luar biasa Yang kualami sendiri Hari ini, aku ada rapat di sekre BEM Universitas Riau. Persiapan acara nasional di bulan Maret nanti Dan kebetulan aku adalah CO Acara Seperti biasa, aku berjalan kaki dari kos Melewati jalanan kampus yang sepi Seharusnya aku sudah memposting sebuah tulisan yang kubuat hari Kamis lalu, tapi aku lupa Tentang monyet Namun tenang saja, ketika aku menulis kisah ini postingan itu sudah bisa kau baca Mungkin ini adalah teguran dari Allah Aku begitu sombong Kau boleh membacanya di sini Hari ini aku diberi sebuah pengalaman yang sangat luar biasa Entahlah bagaimana caranya menceritakan Tapi kau harus baca jika ingin tau Kembali lagi ke cerita hari ini Jika kau sudah membaca postinganku sebelumnya kau pasti sudah tau bahwa ada sebuah jalan yang harus dilewati jika ingin ke sekre, dan orang-orang yang lewat di jalanan tersebut sering melihat monyet, bahkan dikejar. Nah, sebagaimana yang kutul

Puisi Pendek Kala Hujan (6)

Sebagai gadis yang jatuh cinta kepada rintik Jelas tak ada alasan bagiku untuk berteduh di kala hujan Namun jika itu adalah dalam pelukmu Aku rela terus disana Meski harus tenggelam bersama luka Bersama hujan pagi dan dingin di kamar kos yang sepi Anne